Makam Sultan Hasanuddin Dirusak

Diposkan oleh Hariestelle


MAKASAR


Baru-baru ini kejahatan semakin aneh-aneh saja.Ada kabar dari makasar yang sungguh membuat warga gempar. Karena sebuah makam Sultan Hasanuddin, pahlawan nasional asal Sulawesi Selatan, yang berada di kompleks makam raja-raja Gowa, di Desa Palantingkang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dirusak orang tak dikenal, Kamis (24/5/2012).

Dari 9 makam raja Gowa yang di kompleks makam ini, hanya bangunan makam Sultan Hasanuddin yang dirusak. Simbol patung ayam jantan yang berada di atas bangunan makam dan papan nama yang melekat di bangunan makam dirobohkan oleh pelaku.

Sementara batu nisan makam ini dicopot dan ditinggalkan pelaku sekitar 20 meter dari makam. Selain itu, cincin imitasi dari patung Raja Gowa ke-16 yang berjuluk Ayam Jantan dari Benua Timur ini juga dicungkil.

Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo yang ditemui detikcom di kompleks makam menyesalkan aksi vandalisme di kawasan yang dilindungi Balai Kepurbakalaan ini. "Saya yakin pelaku bukan orang Gowa, sebab ia tega merusak makam orang yang paling berjasa bagi masyarakat Gowa," ujar Ichsan.

Aparat Polres Gowa saat ini sudah memberi garis polisi di sekitar makam dan melakukan identifikasi kerusakan-kerusakan di sekitar kompleks makam. Puluhan warga Gowa memadati areal kompleks makam untuk menyaksikan bangunan makam yang dirusak.
Sungguh perlakuan yang sangat tidak berpikemanusiaan.Seharusnya kita sebagai mana makluk ciptaan tuhan yang harus saling menjaga dan melindungi. Bukan seperti itu, merusak dan mencuri sesuatu hal yang sangat berpengaruh besar pada kelanjutan generasi muda.

Artikel Terkait