Rupiah melemah ke level Rp9.400

Diposkan oleh Hariestelle


Jakarta, Hariestelle.com
- Terimakasih telah setia mengunjungi Hariestelle.com. Beberapa info dari dalam negri hingga luar negri maupun seluruh isi alam semesta akan kami suguhkan kepada anda para pengunjung Hariestelle.com. Untuk membuat pengetahuan anda lebih luas dan berwawasan. Inilah info singkat kali ini yang akan kami sampaikan.
Mata uang rupiah di akhir pekan sore melemah ke level Rp9.400 per dolar AS setelah sempat menguat pada hari sebelumnya.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Jumat sore melemah 25 poin menjadi Rp9.450 dibanding posisi sebelumnya di posisi Rp9.425 per dolar AS.

Analis Valas Harvest International Futures Tony Mariano di Jakarta, hari ini mengatakan, belum adanya sentimen positif di Eropa kembali menekan nilai tukar domestik terhadap mata uang AS.

"Selama penanganan krisis utang di Yunani belum ada hasil kongkrit untuk mencegah krisis utang agar tidak menyebar nilai tukar berisiko termasuk rupiah akan terus tertekan," kata dia.

Ia menambahkan, pasar saat ini tengah menanti pemilu Yunani setelah partai politik negara itu tidak mencapai kesepakatan atas koalisi pemerintahan.

"Kekhawatiran bahwa Yunani kemungkinan keluar dari zona euro bisa saja terjadi," kata dia.

Saat ini, lanjut dia, investor cenderung menempatkan dananya dalam bentuk dolar AS karena dianggap sebagai aset safe haven. Selain dolar AS, mata uang yang dianggap safe haven yakni yen Jepang.

"Diperkirakan, rupiah masih akan terus bergerak melemah terhadap dolar AS hingga akhir bulan ini," ucap dia.

Namun, analis dari Bank Himpunan Saudara, Rully Nova menyebutkan BI masih menjaga rupiah di pasar spot. "Eropa belum ada langkah positif, kondisi itu membuat BI masih mengintervensi mata uang domestik agar tidak bertambah tertekan semakin dalam terhadap mata uang asing terutama dolar AS," kata dia.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada, hari ini tercatat mata uang rupiah bergerak melemah menjadi Rp9.310 dibanding posisi sebelumnya Rp9.280 per dolar AS.
Tidak ada info yang akan kami infokan kepada anda. Dan tetap setia kunjungi Hariestelle.com agar anda tetap menjadi manusia berwawasan luas. Semoga info kali ini bermanfaat bagi anda.

Artikel Terkait