Google Buat Perangkat Baru Untuk Sumatera

Diposting oleh Hariestelle

Google Buat Perangkat Baru Untuk Sumatera - Selamat datang pada halaman baru kami Hariestelle ,Berikut adalah halaman yang akan mengulas beberapa info-info mena

rik untuk anda simak dan ikuti.Isi hari-hari anda dengan informasi-informasi baru dan bermanfaat,agar pandangan dan pengetahuan anda luas seluas info postingan kami. Selamat membaca isi postingan ini,berikut adalah beberapa pilihan postingan yang kami hadirkan dalam judul Google Buat Perangkat Baru Untuk Sumatera.

Koalisi LSM Eyes on the Forest membangun perangkat baru yang memungkinkan publik memvisualisasikan hutan dan kehidupan liar di Sumatera, seperti badak, harimau, gajah, dan orangutan.
Sebagai penerima sumbangan teknologi ini, Eyes on the Forest dapat menggunakan sarana Google Maps Engine cloud-base untuk berbagi data hutan kepada semua orang.

Perangkat ini juga memberikan informasi penting tentang penyelamatan hutan alam dan keragaman hayati yang penting bagi dunia serta upaya pemberdayaan masyarakat lokal. Proyek pemetaan ini merupakan sumbangan pertama dari tim Google Earth Outreach untuk penggunaan Google Maps Engine, sarana hosting, penyimpanan, dan pengelolaan data peta.

Hutan alam di Sumatera yang sekaligus merupakan habitat bagi badak, gajah, harimau, dan orangutan telah menyusut sangat cepat. Sekitar 50 persen hutan alam Sumatera telah hancur sejak tahun 1985 dan kebanyakan disebabkan oleh penebangan untuk kebutuhan produksi kertas dan kelapa sawit.

Peta ini menggambarkan secara detail penyempitan dan hilangnya wilayah jelajah empat satwa kunci Sumatera tersebut dari waktu ke waktu. Pemetaan ini akan memberikan gambaran tentang tutupan hutan, penggunaan lahan, dan keanekaragaman hayati yang dikumpulkan dari hasil kerja lapangan selama puluhan tahun di Sumatera.

Peta-peta yang ditampilkan juga akan memberikan gambaran tentang nilai-nilai ekologis dan kultural Sumatera yang luar biasa, keanekaragaman hayati dan kehidupan liarnya yang menakjubkan, serta cadangan karbon di lahan gambut yang sangat besar.

"Peta merupakan alat yang tepat untuk memberikan informasi penataan ruang guna menyelamatkan hutan tropis. Kerja sama Google Earth, WWF, dan Eyes on the Forest semakin mempermudah pembuatan peta sehingga tidak lagi hanya dimengerti orang-orang dengan spesialisasi tertentu," ujar Nazir Foead, Direktur Konservasi WWF-Indonesia, Kamis (24/5/2012) di Jakarta. Ia yakin, pemberdayaan masyarakat sipil dengan informasi seperti ini akan dapat menyelamatkan sisa hutan di Sumatera, sekaligus membantu restorasi hutan yang sudah rusak.

Transparansi adalah kunci untuk meraih tujuan tersebut. Basis data ini dapat menunjukkan ancaman dan tantangan yang dihadapi oleh Sumatera, mengidentifikasi penyebab deforestasi, penghancuran habitat, dan pelepasan karbon dari lahan gambut yang berkontribusi terhadap pemanasan global.

Para pengguna peta ini juga dapat membuat peta mereka menggunakan lapisan-lapisan data peta Eyes on the Forest, seperti hilangnya hutan alam dari waktu ke waktu, sebaran satwa, wilayah prioritas konservasi, wilayah prioritas restorasi, lahan terdegradasi, dan wilayah yang dilindungi oleh pemerintah.

"Sebagai penerima sumbangan teknologi ini, Eyes on the Forest dapat menggunakan sarana Google Maps Engine cloud-base untuk berbagi data hutan kepada semua orang," ujar Tanya Birch, Manajer Program Google Earth Outreach. Lebih lanjut, organisasi nirlaba dapat dengan mudah menciptakan peta sendiri untuk membantu memvisualisasikan data-data mereka dengan menambahkan lapisan-lapisan informasi di atas Google Earth and Maps.

Dasar dari proyek pemetaan ini adalah Laporan WWF tahun 2010 berjudul "Sumatra's Forests, their Wildlife and the Climate. Windows in Time: 1985, 1990, 2000 and 2009" yang dibuat berdasarkan hasil penelitian selama delapan tahun di lapangan dan juga kontribusi analisis dari banyak individu dan lembaga yang bekerja untuk isu-isu di Sumatera.

Mereka telah mengumpulkan data selama berpuluh tahun tentang deforestasi, spesies, dan hutan untuk memperoleh pengertian yang lebih baik tentang lokasi deforestasi, wilayah-wilayah yang paling kritis, dan lokasi konflik manusia-satwa. "Proyek ini merupakan langkah maju bagi Eyes on the Forest karena peta merupakan sarana yang kuat untuk membuka jendela kepada dunia tentang kondisi hutan, khususnya di Pulau Sumatera," ujar Muslim Rasyid, Koordinator Jikalahari, salah satu anggota koalisi Eyes on the Forest.

Ia mengharapkan Google dapat selalu memperbarui teknologi citra satelitnya sehingga dunia dapat melihat fakta-fakta tentang penghancuran hutan di Sumatera, siapa yang berbuat, dan ke mana produk-produknya dijual. "Lebih jauh lagi, kami dapat memperlihatkan peta ini kepada pengambil kebijakan untuk mendorong perlindungan hutan alam yang tersisa di Sumatera," tuturnya.
Demikian info kali ini,Kami ucapkan terima kasih telah berkunjung ke halaman kami yang telah mengulas tentang Google Buat Perangkat Baru Untuk Sumatera dalam blog yang sederhana tapi patut untuk anda simak dalam Hariestelle.Blogspot.Com Rating 5.0
Hariestelle Thanks For Visit - Hariestelle Post

Artikel Terkait