Kebiasaan tidak sehat saat puasa

Diposting oleh Hariestelle

Kebiasaan tidak sehat saat puasa - Hariestelle Selalu memberikan artikel yang bermanfaat untuk anda. Karena Hariestelle adalah halaman yang mengulas beberapa info-info menarik untuk anda simak dan ikuti. Serta ulasan-ulasan spesial dari dalam dan luar negeri. Yang kami rangkum dan olah secara rinci agar dapat kami suguhkan untuk anda,berikut adalah beberapa pilihan postingan terbaru yang kami hadirkan dalam judul Kebiasaan tidak sehat saat puasa.

Ketika bulan Ramadan, seluruh umat Muslim di dunia diwajibkan menunaikan ibadah puasa. Tak hanya untuk mendapatkan pahala, berpuasa juga banyak memberikan manfaat kesehatan. Namun, ada beberapa kebiasaan tidak sehat saat puasa dan justru membuat puasa terasa semakin berat.

Jika dilakukan dengan benar, puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain detoksifikasi (membersihkan tubuh), memicu proses penyembuhan dan penurunan berat badan.

Namun beberapa kebiasaan berikut dapat membuat ibadah puasa terasa berat dan juga tak sehat untuk tubuh, seperti beberapa kebiasaan tidak sehat saat puasa berikut ini :

1. Banyak makan/minum manis waktu sahur

Kebiasaan tidak sehat saat puasa yang pertama adalah Banyak makan/minum manis waktu sahur. Sebaiknya menghindari makanan yang cepat meningkatkan rasa lapar seperti terlalu manis. Makanan yang terlalu manis dan karbohidrat sederhana akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis, yang akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.

2. Langsung tidur setelah sahur

Kebiasaan tidak sehat saat puasa selanjutnya adalah Langsung tidur setelah sahur. Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Nah, ketika Anda langsung tidur sehabis sahur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas. Setidaknya beri jedah 1-2 jam.

Kondisi ini disebut refluks esofagus. Bila ini terjadi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah ke kerongkongan dan membawa asam lambung. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, membuat mual, mulas dan ingin muntah. Ini akan semakin parah pada penderita maag.

3. Buka puasa dengan gorengan atau makanan berlemak tinggi

Kebiasaan tidak sehat saat puasa selanjutnya adalah Buka puasa dengan gorengan atau makanan berlemak tinggi. Gorengan membawa efek yang tidak baik untuk saluran tenggorokan dan pencernaan, terutama bagi orang yang seharian mengosongkan perut. Makanan yang tinggi lemak seperti gorengan akan membuat orang rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung.

Hal ini tidak baik untuk orang yang baru berbuka puasa. Karena setelah 14 jam lambung kosong, tubuh butuh nutrisi yang cukup, tapi dengan adanya lemak tubuh akan merasa sudah kenyang dan akhirnya penyerapan nutrisi pun terhambat.

4. 'Balas dendam' (Buka puasa makan sebanyak-banyaknya)

Kebiasaan tidak sehat saat puasa selanjutnya adalah 'Balas dendam' (Buka puasa makan sebanyak-banyaknya). Puasa sebenarnya bagus sekali untuk kesehatan tubuh, sepanjang orang mau membatasi pola makannya. Dan tidak ada itu kata balas dendam.
Banyak sekali kecenderungan orang makan tidak terkontrol pada bulan puasa, terutama pada saat buka puasa. Hal ini dapat diamati dengan penuhnya restoran-restoran mahal yang menyajikan berbagai makanan termasuk makanan berkolesterol tinggi, di saat buka puasa.

5. Makan sahur banyak tapi tak berkegiatan (sering tidur)

Kebiasaan tidak sehat saat puasa selanjutnya adalah Makan sahur banyak tapi tak berkegiatan (sering tidur). Pada prinsipnya, orang menjadi gemuk karena makanan yang dikonsumsi lebih banyak dari makanan yang diolah menjadi tenaga. Hal ini banyak terjadi di bulan puasa.

Biasanya orang yang berpuasa akan makan berlebihan ketika sahur karena takut lemas atau makan balas dendam saat buka. Sedangkan di pagi dan siang harinya, aktivitas fisik yang dilakukan berkurang, banyak tidur dan jarang sekali bergerak. Alhasil, lemak menumpuk dan akhirnya berat badan meningkat. Jangan hanya terpaku pada kata "tidur itu ibadah".

Kebiasaan tidak sehat saat puasa tersebut mungkin pernah anda lakukan bahkan sering. Namun marilah kita program pola puasa kita agar menjadi lebih beguna dan berpahala.amin

Demikian info kali ini,Semua yang ada di dunia ini adalah ciptaan-Nya dan semua akan kembali pada-Nya. Karena tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dan kami bukanlah makhluk yang sempurna,jadi jika kami ada kekeliruan atau ada kesalahan yang membuat anda tidak nyaman atau merasa dirugikan,kami benar-benar minta maaf,kami tidak bermaksud untuk seperti itu. Di sini kita saudara. Jangan bosan-bosan kawan untuk berkunjung di halaman kami,Kami ucapkan terima kasih telah berkunjung ke halaman kami yang telah mengulas tentang Kebiasaan tidak sehat saat puasa dalam halaman yang sederhana tapi patut untuk anda simak dalam Hariestelle Rating 5.0
Logo Design by FlamingText.com

Artikel Terkait